• PT BERLIAN UTAMA SUKSES - Spare Part For Industry, Pneumatic, Hydraulic, Sensor, Electric & Scale.
  • Untuk Informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi sales atau customer support kami.
Beranda » Blog » Fungsi Inverter, Manfaat Inverter dan Jenis-jenis Inverter

Fungsi Inverter, Manfaat Inverter dan Jenis-jenis Inverter

Diposting pada 3 Maret 2023 oleh administrator / Dilihat: 2.151 kali

Fungsi Inverter

Seperti yang sudah kami tulis di artikel sebelumnya mengenai Inverter, kami akan memberitahu kan fungsi inverter. fungsi utama inverter adalah untuk mengubah daya Arus Searah (DC) menjadi arus bolak-balik standar (AC). Ini dikarenakan AC adalah daya yang dipasok ke industri dan rumah oleh jaringan listrik utama atau utilitas publik, baterai sistem tenaga bolak-balik hanya menyimpan daya DC.

Seperti yang kita ketahui, hampir semua peralatan rumah tangga dan perlengkapan serta peralatan listrik lainnya hanya bergantung pada daya AC untuk bekerja. ukuran inverter pun beragam, berkisar dari serendah 100w, hingga lebih dari 5000w. peringkat ini merupakan indikasi kapasitas inverter dapat secara bersamaan dan terus menerus memberi daya pada peralatan atau perkakas dengan watt tinggi atau kombinasi dari beberapa unit item semacam itu.

Manfaat Inverter

1. Terhubung dengan aki mobil

Anda bisa mendapatkan tegangan 220V 50Hz rumah tangga dari power inverter. Ada inverter modified sine wave yang tidak mahal dan pure sine wave yang lebih mahal untuk pilihan Anda. Ini adalah cara paling umum untuk menggunakan power inverter di mobil.

Kedua jenis ini cocok untuk penggunaan umum, tetapi inverter modified sine wave mungkin memiliki suara berisik saat bekerja. Biasanya power inverter dapat digunakan untuk mengisi daya peralatan di dalam mobil seperti kamera, tablet, lampu, alat cukur elektronik, lemari es di dalam mobil, dll. Tetapi jika Anda ingin menggunakan peralatan berdaya tinggi, pastikan nilai daya alat ada di dalam daya yang dapat ditanggung oleh inverter.

2. Terhubung dengan perangkat elektronik

Anda dapat menyambungkan inverter daya dengan perangkat elektronik seperti tablet dan televisi. selama alat tersebut berfungsi di bawah daya pengenal. dalam hal ini, itu hanya seperti penyedia daya cadangan.


3. Terhubung dengan mobil listrik

Seperti yang sudah ada di era otomotif yang sekarang, Mobil listrik memiliki komponen yang disebut DC-DC. Ini juga disebut konverter arus DC. Konverter ini membutuhkan tegangan input 48V dan menyediakan output 12V, jadi Anda hanya perlu membeli inverter daya DC12V.

Lebih baik membeli satu dengan input 48V, tetapi sulit mendapatkannya dan mudah menyebabkan kelebihan beban karena arus maks 10A. Jika memungkinkan, gunakan bersama dengan konverter tegangan yang secara khusus menyediakan daya untuk inverter Anda.

Inverter biasanya dihubungkan dengan pemantik api mobil dan akan memutus daya secara otomatis ketika arus melebihi DC 12V. Namun untuk menghindari mobil tidak bisa menyala karena voltase rendah, sebaiknya gunakan saat mesin mobil menyala.

Jenis Inverter

Inverter square wave adalah salah satu jenis paling sederhana yang tersedia. Mereka lebih murah, lebih sederhana dalam desain dan lebih efisien daripada inverter modified sine wave.

Namun, mereka tidak akan sesuai untuk digunakan di semua situasi dan paling cocok untuk aplikasi dengan sensitivitas rendah seperti pencahayaan dan pemanas. Inverter aquare wave telah diketahui mengeluarkan suara berdengung saat dihubungkan ke peralatan audio dan umumnya dianggap tidak cocok untuk elektronik sensitif.

 

1. Inverter pure sine wave

Perangkat ini menghasilkan keluaran gelombang multi-langkah. Biasanya ini adalah jenis inverter yang paling umum dan perusahaan utilitas listrik Anda kemungkinan besar akan menyediakan pure sine wave.

Salah satu manfaat utama inverter pure sine wave adalah sebagian besar peralatan listrik di pasaran dirancang dan direkayasa untuk bekerja paling baik dengan sumber daya AC pure sine wave. Ini cenderung menjadikannya pilihan yang lebih diinginkan daripada rekan-rekannya karena menjamin bahwa peralatan akan bekerja sesuai spesifikasi lengkapnya.

Peralatan seperti oven microwave hanya akan menghasilkan keluaran penuh dengan kekuatan pure sine wave dan beberapa peralatan, seperti pembuat roti dan peredup cahaya, memerlukan pure sine wave untuk bekerja sama sekali.

Inverter pure sine wave adalah pilihan yang lebih efisien dan mengkonsumsi lebih sedikit daya, dan mereka dapat disesuaikan dengan kebutuhan daya pribadi Anda. Namun, ini berarti bahwa mereka umumnya akan menjadi pilihan yang lebih mahal.

 

2. Inverter modified sine wave

Inverter modified sine wave berada di antara dua jenis lainnya. Bentuk gelombangnya sebenarnya lebih seperti square wave tetapi memiliki output tiga langkah, bukan dua.

Ini harus bekerja dengan baik dengan sebagian besar peralatan listrik meskipun daya berpotensi berkurang dengan beberapa perangkat. Mereka juga cenderung kurang efisien dibandingkan jenis inverter lainnya karena motor AC di lemari es, kipas angin dan peralatan serupa lainnya akan menggunakan lebih banyak daya dari inverter gmodified sine wave. Ini juga berarti akan menghasilkan suara dengungan selama pengoperasian.

Bagikan ke

Fungsi Inverter, Manfaat Inverter dan Jenis-jenis Inverter

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Fungsi Inverter, Manfaat Inverter dan Jenis-jenis Inverter

Tutup Sidebar
Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ingin ditanyakan?
Klik untuk chat dengan CS kami.
Jam Pelayanan :
Senin s/d Jum'at (08.00 - 16.00 WIB)

Nia
● online
Nia
● online
Halo, perkenalkan saya Nia
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Secured By miniOrange